Project akhir tahun 2018 di Papua.

Dear pembaca, kali ini mengkisahkan kerjasama kami dengan salah satu pihak BUMN dalam proyek jalan transpapua.

beberapa minggu yang lalu. jembatan timbang panjang 9 meter lebar 3 meter untuk menunjang laporan proses pembuatan jalan di dekai kota yahukimo papua.

Proses kali ini tidak semudah ditempat tempat lain .

Kali ini kami dihadapkan kiriman yang telah kami siapkan menuju lokasi mengalami kehilangan sparepart loadcell dua buah dari empat buah yang harus terpasang. Entah kelalaian expidisi ataupun tersesatnya barang digudang dari pihak konsumen . oke kami call surabaya untuk kirim baru dua buah dengan status pembelian baru tentunya, cukup lama juga pengiriman sampai tiga hari meski mode port to port. Tingkat hambatan masih ada lagi ketidak pedulian pihak konsumen yg notabene konteaktor bumn tentang membaca keterangan gambar pondasi terlihat tidak sesuainya ukuran yang dibuat baik dari segi panjang kurang 5cm dan tidak siku, hal ini membuat kami tertawa sendiri. Ada apa ya ??? Ketidak mampuan membaca gambar tentunya tidaklah, kami simpulkan sepihak kurangnya pengawasan dan tranfer informasi ke tukang bangunan dan keterbatasan alat atau memang pada masabodoh.

Kali ini kami dipaksa untuk memotong besi jembatan timbang agar lebih pendek, oke kami lakukan. Jelek juga hasilnya.

Besi jembatan masuk terlihat jelas ketidak diagonalnya pondasi dari banyak view.

Tidak sampai disitu saja baseplate pada miring semua pertitik dam tidak level dari empat titik , oke lakukan modifikasi kemiringan baseplate.

Pasang loadcelll cek level milivolt loadcell ok.

Kalibrasi sementara acuan semen dulu, karena proyek kali ini tidak termasuk tera metrologi.

Set komputer ups tat tut tat tut waduh 220vac kurang stabil ditambah frekwensi 40hz bukan 50hz. Wahhh ndak tahu lagi nyawa elektrikal kedepannya. Ditambah daerah cukup terbuka rawan petirrr..

Ok serah terima pemasangan Truckscale selesai , tiket pulang jangan ditanya lagi akhir desember sangat langkah dan harga gilagilaan, kali ini molor hingga 2minggu.

Tes awal pemakaiannn walahh naik 25ton 2 3 4kali bless baseplate amblase. Hahaaa kami tertawa dalam batin kontraktor jalan trans papua buat pondasi jembatan timbang asal asalan. Saya tidak bisa bayangkan yg lain dehh.

Bukane lepas tangan memang kontruksi sipil dari pihak konsumen , kami hanya bisa menunggu perbaikan segera baseplate dari kinsumen. Ternyata ya gitu molorr. Baiklah maunya apa kami maksimalkan informasi apa yg kami bisa infokan semua prosedur. Sampai saat ini sambil menunggu keberangkatan kembali ke surabaya saya sempatkan tuliskan dari bumi papua yang terbilang signal wifi maupun signal gsm sangat buruk .

Akhir kisah ini salam buat pembacaa, tidak selamanya kecil itu rendah dan jelek kalau fokus dan teroganisir bisa menghasil kan yang maksimal.

Bye bye